"Unggul dalam pendidikan transformatif dengan memanfaatkan teknologi geografi"

                Makna visi S2 pendidikan geografi Pascasarjana Unesa adalah mendidik ilmuwan pengembang inovasi pendidikan dalam kajian geografi terpadu yang memanfaatkan teknologi geografi, melalui proses pendidikan transformatif, sehingga kukuh dalam penerapan inovasi pendidikan melalui penelitian dan publikasi.

Dalam konteks kehidupan global saat ini, pemanfaatan sumberdaya wilayah semakin eksploitatif sebagaiakibat tuntutan perekembangan kependudukan. Hal tersebut berakibat padamerosotnya kualitas ekosistem yang memacu kerawanan bencana. Di sisi lainperistiwa alam yang menimbulkan kebencanaan juga menunjukkan intensitas yangmeningkat. Kerusakan lingkungan mengakibatkan kemerosotan kualitas kehidupan,dan dalam skala yang besar dapat menghentikan keberlanjutan suatu peradabanmanusia.

Melihat fakta tersebut, makaperlu sekali adanya pendidikan yang mampu membangun kesadaran sejak diniterhadap wilayah. Diperlukan pendidik bidang geografi maupun komunitasmasyarakat yang sadar dan peduli wilayah beserta lingkungannya, yang mamputerus mengembangkan diri untuk memprediksi persoalan wilayah di masa yang akandatang. Kemampuan prediksi wilaah di masa depan ini merupakan upaya untukmemberikan bekal bagi generasi muda yang akan melanjutkan peradaban bangsa dannegara. Untuk itu di perlukan kapasitas guru yang mampu secara berkelanjutanmengembangkan intelektualitasnya. Lewat pendidikan lanjut S2, penyegarankeilmuanguna aktualisasi diri dalam rangka meningkatkan kompetensi sangat diperlukan.

Program studi S2 PendidikanGeografi Unesa berperan dalam penguatan basis pengembangan intelektual yangberkelanjutan bagi para guru geografi dan pemerhati pendidikan kewilayahan.Prodi S2 Pendidikan Geografi Unesa berfokus pada keunggulannya persoalanpendidikan geografi yang ideal dengan menguasai keilmuan secara kukuh pada persoalan wilayah yangsangat diperlukan di masa mendatang. Visi S2 Pendidikan Geografi Unesa dirumuskansebagai upaya untuk mengimplementasikan pemikiran tersebut, serta dilandasivisi Unesa dan Pascasarjana Unesa, juga motto Unesa Growingwith character.

Keunggulan S2 PendidikanGeografi Unesa ada pada pembentukan karakter kependidikan dan keungguglankeilmuan geografi terpadu. Secara filosofi, keunggulan karakter kependidikanadalah mempertegas ideologi pendidikan kritis hasil pemikiran Paulo Freire dan memperkuat integrasi sekolah dan masyarakat hasilpemikiran Ki Hajar Dewantara. S2 Pendidikan Geografi Unesa mendidik ilmuwanpendidikan geografiberkarakter. Maksud ilmuwan berkarakteradalah  intelektual/cendekiawansebagai pendidik denganilmu yang mendalam, berperilaku objektif, rasional, dapatdipertanggungjawabkan secara moral, dan peduli kepada masyarakatnya. Memilikimentalsebagai pebelajar  sepanjang hayatmelalui penelitian serta mampu mempraktekkan teorike dalam proses pendidikan / pengajaran.

Keungguglan keilmuan geografiterpadu fokus pada persoalan wilayah yang sangat urgen dalam kehidupan global saatini dan di masa mendatang. Konteks ruang geomaritim menjadi fokus utama,mengingat laut menjadi sumber daya di masa mendatang serta fakta Indonesiasebagai negara maritim. Konten dari ruang geomaritim yang menjadi isu ruang dimasa mendatang adalah perubahan iklim, bonus demografi, urbanisasi, geopolitikpembangunan, serta adapatsi dan mitigasi. Keungguglan topik keilmuan S2Pendidikan Geografi Unesa adalah mendalami dinamika ekosistem dan kebencanaan.